Minggu, 14 Oktober 2012

LEGENDA SINGO PRONO : “DARI PEMUDA HIDUNG BELANG JADI KYAI YANG SOLEH” Diceritakan oleh Sita


Tusya senang dengarkan dongeng
MINGGU, 14 OKT. 2012 - SITA BLOG :  Adik-adik, pernahkah berkunjung ke kota Simo, di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah? Di sebelah barat kota Simo, di sana terdapat sebuah gumuk atau bukit kecil yang pada puncaknya  seperti terpapas, terpotong. Oleh karena itu gumuk atau bukit kecil itu dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama GUMUK TUGEL atau “bukit yang terpotong”.

Di atas Gumuk Tugel tersebut terdapat sebuah makan seorang kyai yang sangat terkemuka dan sangat dihormati oleh masyarakat desa setempat. Beliau adalah Kyai Singo Prono. Beginilah awal ceritanya.

Di masa mudanya Singo Prono adalah seorang pemuda yang sangat tampan. Selain tampan dan gagah, Singo Prono juga dikenal sebagai seorang dukun yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, baik penyakit biasa maupun penyakit yang disebabkan oleh tenung, santet, dan sebagainya. Kepandaiannya dalam mengobati berbagai macam penyakit tersebut terkenal sampai jauh di luar desanya. Karena kegagahan dan kepandaiannya itulah oleh masyarakat di desanya, Singo Prono diangkat menjadi seorang kepala desa atau lurah. Akan tetapi sayang sekali, Singo Prono memiliki sifat hidung belang, sombong dan gemar mempermainkan perempuan. Sudah banyak gadis-gadis yang menjadi korban dari nafsu hidung belangnya itu. Akan tetapi kebiasaan dan kegemeran itu tak ada seorang pun yang berani mencegah atau melarangnya. Karena Singo Prono adalah seorang lurah yang memiliki kemampuan olah kanuragan dan kesaktian yang cukup tinggi.

Kegemaran yang lain dari Singo Prono adalah suka sekali berburu babi hutan. Memang, berburu babi hutan merupakan pekerjaan sebagian masyarakat di desanya karena babi-babi hutan sering merusak tanaman jagung para peladang sehingga penduduk setempat tak bisa memetik hasil panen jagungnya.

Wusss... tombak Singo Prono melesat tepat mengenai punggung babi hutan
Suatu ketika Ki Lurah Singo Prono mendapat laporan ladang-ladang para petani jagung diserang dan dirusak oleh sekawanan babi hutan. Segera, Ki Lurah Singo Prono pun memutuskan untuk pergi berburu mengejar sekawanan babi hutan yang telah merusak tanaman jagung para petani di desanya bersama beberapa orang pengikutnya dan para penduduk desa setempat. Di ladang mereka semua melihat bagaimana babi-babi hutan itu sedang asyik merusak dan memakan jagung-jagung yang sebentar lagi akan dipanen para peladang. Melihat dan menyaksikan sekawanan babi hutan yang demikian itu, Ki Lurah Singo Prono melemparkan tombaknya ke arah seekor babi hutan yang paling besar, pimpinan dari sekawanan babi hutan itu.

         “wusss!” Bunyi tombak Ki Lurah melesat dengan cepat, tepat mengenai punggung babi hutan yang paling besar. Akan tetapi babi hutan tersebut masih bisa melompat berlari jauh ke dalam hutan. Ki Lurah Singo Prono terus mengejar sampai jauh ke tengah hutan hingga tak disadari ia tersesat dan tak tahu jalan kembali ke desanya.

“Waduh, tak kusangka babi hutan itu sangat cekatan sekali, meskipun tombakku telah melukai punggungnya, babi itu masih sempat menyelamatkan diri.”

“Sekarang aku tersesat di tengah hutan ini tak tahu jalan kembali.” Ki Lurah Singo Prono bersungut-sungut, merenung mencari cara bagaimana ia harus kembali pulang dengan menyusuri jalan yang sebelumnya telah dilaluinya. Ia terus berjalan menyusuri jalan itu. Di bawah sebuah pohon yang cukup rimbun ia duduk beristirahat sambil merenung, mencari jalan kembali.

Ketika ia sedang merenung seorang diri di bawah pohon itu, di antara sadar dan tidak, tiba-tiba ia melihat sebuah bangunan istana tua yang indah dan megah. Ki Lurah Singo Prono pun segera bangkit dari duduknya dan segera berjalan menuju gerbang istana tua itu.

         “wow, Cccckkk! Alangkah indahnya, luar biasa sekali, sungguh aku tak pernah melihat bangunan sebesar dan seindah ini sebelumnya. Sungguh serasa aku berada dalam kayangan. Siapakah gerangan pemilik istana ini?” Demikian gumam Ki Lurah Singo Prono berdecak kagum. Ia terus berjalan lebih ke dalam lagi memasuki keraton yang indah itu, dan serasa ia berada di dalam dunia gaib.

Ketika ia merasa berada dalam alam ketidaksadaran di dalam istana yang penuh dengan keindahan itu, sayup-sayup ia mendengar suara rintihan seorang wanita yang sedang kesakitan. Ia terus melanjutkan langkahnya berupaya mencari dari mana asal suara rintihan itu. Di sebuah tikungan jalan di istana itu ia berpapasan dengan seorang tua. Rupanya orang tua tersebut adalah ayah dari wanita yang sedang merintih kesakitan tersebut. Orang tua itu menghampiri Ki Lurah Singo Prono seraya bertanya:

         “Wahai orang muda yang tampan, siapakah engkau ini, nak?”
        
         “Aku Singo Prono, lurah di desa ini, bapak!”

         “Oh,ya! Kalau bapak boleh tahu, apa maksud ananda datang ke istana ini?”

         “Selain aku adalah lurah di desa ini, aku juga seorang dukun yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Sekarang ini aku sedang mengembara ke berbagai tempat barangkali saja ada orang sakit yang butuh pertolonganku. Sebenarnya siapakah bapak ini?”  Tanya Lurah Singo Prono kepada orang tua itu.

         “Terus terang saja, bapak sangat senang sekali mendengar penuturanmu, nak! Bapak adalah penghuni dan raja di keraton ini, dan wanita yang sedang kesakitan itu adalah putri bapak sendiri yang sedang terluka di punggungnya karena terjatuh dari kuda.” Jawab laki-laki tua itu sambil menunjuk kea rah putrinya yang sedang merintih kesakitan.

         “Baiklah, pak! Kalau memang bapak membutuhkan pertolonganku untuk mengobati putrid bapak yang sedang sakit itu, saya bersedia menolong putrid bapak untuk mengobati lukanya yang sudah semakin parah itu.”

         Ya, ya, ya, boleh, nak! Memang itu yang sesungguhnya bapak harapkan dari tadi, dan bapak ucapkan terima kasih yang tak terhingga. Bapak berjanji, jika putri bapak yang hanya satu-satunya ini sembuh dari lukanya, maka ananda akan saya  kawinkan dengan putrid bapak ini.”

Melihat penuturan dari bapak tua itu, hati Singo Prono menjadi gembira sekali. Betapa tidak,  melihat kecantikan paras putri bapak tua itu yang bagaikan dewi kayangan, yang kecantikan dan kejelitaannya belum pernah dijumpai di desanya, gejolak jiwa mudanya yang memang gemar wanita itu semakin menggelora di dalam hatinya.  Dan Lurah Singo Prono dengan perasaan suka cita tak menolak tawaran itu. Dengan keampuhan ilmu pengobatan yang dimilikinya, akhirnya putri itu sembuh dari lukanya yang parah. Kesembuhan luka-lukanya itu kini bahkan menambah kecantikan paras sang putrid.

Sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, akhirnya Lurah Singo Prono pun menikah dengan Sang Putri. Pesta perkawinan pun dilangsungkan dengan mewah dan meriah sekali. Banyak para tamu undangan yang hadir. Terutama dari daerah sekitar keratin. Pesta perkawinan berlangsung selama tujuh hari tujuh malam dengan berbagai macam hiburan, tari-tarian, wayang semalam suntuk, dan sebagainya. Tidak terasa hari berganti minggu, minggu berganti bulan, dan bulanpun berganti tahun. Dan tiga tahun sudah Lurah Singo Prono menjalin mahligai rumah tangga dengan Sang Putri. Perkawinannya pun telah dikaruniai tiga orang putri yang cantik-cantik, manis-manis dan mungil-mungil parasnya.

Suatu ketika, tiba-tiba Lurah Singo Prono terjaga dari tidurnya dan ia tersentak kaget, tak disadarinya  ternyata selama ini ia hanya bermimpi. Setelah disadari apa yang telah terjadi, ia menengok ke arah kiri dan kanan, ternyata ia sedang berada di sarang babi yang kotor dan menjijikkan dengan kotoran babi yang demikian berbau tak sedap. Di sebelahnya ia mendapati seekor babi betina dengan tiga anaknya yang mungil-mungil sedang tertidur lelap. Akhirnya Lurah Singo Prono menyadari apa yang terjadi, bahwa selama ini ia telah menikah dengan seekor babi hutan, dan dari perkawinannya itu membuahkan tiga ekor anak babi yang mungil-mungil. Akhirnya dengan perasaan berat, jijik dan mual, ia mencium ketiga anaknya yang mungil-mungil dan istrinya itu dengan perasaan kasih. Sebelum meninggalkan dunia gaib untuk kembali ke dunia manusia, ia berjanji kepada keluarganya itu untuk tidak berburu babi lagi. Lalu ia pun segera meninggalkan  kubangan sarang babi hutan dan kembali ke desanya.

Sesampai di desanya Lurah Singo Prono membuat peraturan, melarang penduduk desa untuk berburu dan membunuh babi hutan. Untuk menebus semua perbuatan dosanya itu, ia memperdalam ilmu agama Islamnya dengan berguru kepada para kyai. Berbagai peloksok tempat telah dikunjunginya untuk belajar dan memperdalam agama Islam.  Akhirnya Lurah Singo Prono pun menjadi seorang mubalig, ia dikenal baik di desanya mau pun di luar desanya sebagai seorang penyebar agama Islam yang tekun dan soleh. Da’wah dan syiar Islamnya begitu mempesona  dan membuat sejuk hati para pendengarnya. Kemasyhurannya bahkan sampai ke daerah sekitar Surakarta bagian utara. Ia mempunyai banyak murid. Peninggalannya setelah wafat yang bisa dilihat sampai sekarang adalah berupa masjid di desa Walen, Kecamatan Simo. Sampai sekarang masjid itu tetap terpelihara. Dan, makamnya hingga kini pun masih tetap diziarahi oleh penduduk setempat. (Referensi: James Dananjaya. "Cerita Rakyat Dari Jawa Tengah. Grasindo. Jakarta 1993)



6 komentar:

  1. Cerita ini merupakan legenda masyarakat karena penduduk setempat dapat menunjukkan bukti peninggalan Makam Singo Prono, dan sebuah masjid yang terdapat di Desa Walen, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Bahkan masjid tersebut sampai sekarag masih digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagaman dan tetap terpelihara dengan baik.

    BalasHapus
  2. Mbak Sita, saya merupakan keturunan tidak langsing dari Kyai Singoprono (Galih Asem saya).dari jalur Singoprono II (Debog bosok sya))--> Kyai Singodiwongso (Gropak Senthe saya) --> Kyai Kertoyudo (Gantung Siwur saya) --> Nyai Singowijoyo (Udeg-udeg saya) --> Nyai Demang Poncodiwerno I (Wareng saya) --> Mas Demang Poncodiwerno II (Canggah saya) --> Mas Ronggo Martodiwerno (Buyut saya) --> Mas Ronggo Tarudiwerno (eyang saya). Sedangkan Singoprono merupakan canggah dari Prabu Sultan Hadiwijoyo (Joko Tingkir), raja Kerajaan Pajang, yang juga menantu dari Sultan Trenggana raja Kerajaan Demak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya minta tolong donk poncodiwerno1 apakah suami nyo Demang poncodiwerno1

      Hapus
  3. Perkenalkan nama saya Kartika 27 tahun, seorang ibu rumah tangga dengan 1 putra, saya mengenal nama beliau sejak tahun 2009.Awalnya saya hanya iseng mengikuti program seperti ginian, karena saya tertarik dengan hasil yang diperlihatkan walau dalam keadan ragu ,yang diperlihatkan pada halaman depan situs ini. Namun setelah saya memint bantuan secara langsung dari beliau , betapa kagetnya saya, karena baru selang 3 hari saya angka pemberian ki jagad sakti sangat membuat saya tidak percaya dengan apa yaaya daptatkan selam menunggu 3 hari .tabungan saya terisi transferan 300 juta dari salah satu agen bandar togel di daerah saya ,walau belinya secara sembunyi sembunyi, sebesar 300 juta dalam hati saya pikir, ini enggak mungkin... Jangan terlalu banyak pertimbangan. Langkah pertama saya langsung cek ternyata saya menang togel dari angka pemberian ki jagad sakti lewat via telpon karna posisi kami berjauhan , anda cukup miliki keyakinan yang kuat ,Penghasil rupiah dari angka ghaib ada pada ki jagad sakti , dan temukan sendiri keberhasilan anda dari bantuan ki jagad sakti lewat angka ghaib , Ketahuilah anda tidak akan pernah menyesal jika memiliki jika anda meminta bantuan kepada ki jagad sakti.. ini Saya sendiri sudah mengalaminya. 3 hari dari sejak saya meminta bantuan ki jagad sakti / saya bisa dapat uang 300 juta bisnis online saya sudah mulai jalan. sekarang saya sudah memiliki income yang sulit disangka sebelumnya. kalau dihitung, saya sudah mengumpulkan profit 40-60 juta dalam 5 bulan ini. dari wawal modal yang saya daptkan dari ki jagad sakti.. teruskan saja! Bergabunglah bersama kami yang telah mendapatkan manfaat luarbiasa dari konsep jalan rejeki ini ini. Anda tidak akan rugi.. Terimakasih


    sebagai ucapan terimah kasih ,melalui media internet saya hanya ingin berbagi informsi kepada anda sekaligus mengucapkan terimah kasih saya kepada ki jagad sakti ,jika anda ingin menang togel angka ghaib sperti saya silahkan hubungi ki jagad sakti di nomor =0812=4286-9624=atau silhakn kunjugi di web.http://dukunsaktiterpecayadindonesia.blogspot.com.terimah kasi roomnya sobat..!

    BalasHapus
  4. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  5. IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!





    IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!

    BalasHapus