Tusya suka dengarkan dongeng |
Nina Bobo - Rabu, 11 Desember 2013 - Cucuku
nungguinya du sampai timbul matahari, dan sebelumnya polahkan hak lubang asakan
tujuh buting, lalu awak puruki padi kedalamnya dan ditepungtawari pulang. Dah urang kedatangan ndak nulungi ngasak baru
hak odah pembinihan ‘tu cucuku tinggalkan, dan hati-hati jangan sampai bakul
pembinihan itu tumpah, sebab itu tuhing besar.
Sudah sampai waktunya awak... cu, ndak ngetam padi ‘tu sebelumnya, awak
mewangi pulang, dan tepung tawari, macamni pulang bunyinya, “Kita datang berlayar lawasnya enam bulan
‘tu, dan tepung tawari kami sambut dengan gembira, dan segala idah awak itu
sudah kami polahkan dengan segala kawan-kawan awak.”
Sudah itu
lalu hak tepung tawari, pik kan kepadi ‘tu, lalu hak, padi Nya dalam odah
pembinihan tujuh buting lubang ‘tu awak ketam, dan awak ikat, lalu dibawak
ulang dan ditaroh di dalam kerangkeng padi,
digantong di
tengah-tengahnya. Sesudahnya awak
sedikan... cu, segala tepung tawar tegak dipembinihan ‘tu dan awak memangi hak, macam awak memang
pulang, tegak ni, “Ni..., odah kita nya
kami sediakan tu, ni hak odah kita tinggal dengan kawan-kawan kita, bekumpulhak
baik-baik.”
Lalu
betuhing hak cucuku tiga hari. Sehabisnya tu mulai mulai hak ngetam. Di dalam
cucuku ngetam padi tu, tuhing besebut nya ceroboh-cerobo, sebab semangat padi
‘tu supan dan benci dengan carangan-carangan yang tefak itu. Lamun sehari tu
cucu ndik habis ngetam, waktu ndak berenti ‘tu, awak ikat hak daun padinya ada
di pembinihan, kan saratnya supaya semengat padi tu jangan terbang. Empainya,
waktu ‘ndak ngetam lagi, ikatan daun padi ‘tu dibuka pulang. Demikian hak,
sampai habis padi di tanah diketam dan naik ke rumah.
Sesudah padi
naik ke rumah, jangan dulu awak apai-apai. Awak polahkan dulu beras baru di
jerang, dan sehari-harian itu awak ‘mberi makan batu besi dengan bememang
pulang, karena sebelum tam nya bekerja,
maka batu dengan besilah nya bekerja pereh.`lamun ‘ndik awak beri makan, takut kendi awak dilukainya.
Inilah syaratnya dan maksudnya ‘tu. Di arak kerangkeng padi, awak timbuni
lampu, jangan sampai padam, apabila malam awak tidur arak situ, biasanya ‘tu
nyawak, amun urang ‘tu keduluran,
‘ndengar tu suara semangat padi dalam kerangkeng padi tu ‘ncarang, betanya
dengan sesamanya padi. Itu sebabnya, kalau cucuku perhatikan benehan, kelihatan
hak padi ‘tu becampur dengan padi lain. Itu hak kawan-kawan nya sesat ngemambah madik bedah ‘tu
dibawa’i oleh semangat padi nya tam tanam padi.
Jadi tuak
mulai cucuku ngetam sampai habis naik ke rumah, betuhing pulang hak cucuku tiga
hari. Sudah ‘tu mana uluk cucuku. Na..., ini hak cu, nya disebut urang ‘tu adat
urun dan naikkan padi.
Sebuting...
cu, awak ingati beneh, bahwa semangat padi dijaga dan dipelihara oleh Puan
Tahun. Lamun urang waktu olah adat urun dan naikkan padi itu telanggar
tuhingnya, maka humanya banyak dirusakkan mangsa. Adanya dirusakkan oleh
nangau, ketuang, adanya dimakan ulat, ada lagi nya dilesai bai. Huma urang tu ,
alamat ‘ndik tahu ngerjakan sama sekali adat urun dan naikkan padi tu.
Kebanyakan urang tegak itu nya selalu dibenci oleh Puan Tahun tu. Biar macam apa jua nya behuma, ya... boleh
jua hak nya tu. Tapi ndik seberapa,
belum sampai ketampusan.
Jadi amun
molah huma itu, biar hanya tepung tawar aja dikerjakan, itu gin jadi, asal ada
adat-istiadatnya. Mitu jua amun cucuku ‘ndak Nuuk padi, sebelum awak Nuuk,
lesongnya awak bersehkan dulu, kiwa-kanan lesong ‘tu awak lapiki tikar supaya
padinya jangan besimpur sampai bepeas di tanah, sebab nyawa, semangat padi ‘tu
nyumpah, kita polah tegak tu. Habis Nuuk lesongnya awak telongkopkan baik-baik,
jangan ditelentangkan. Lesong Noya hampa jangan ditutuki dengan helu, sebab
kepala Puan Tahun ‘tu pening mendengar suara lesong nya ditutuki madik ada
isinnya tu. Dan lagi madik Kwa, sebab takut kendi benar-benar Nuuk lesong
hampa, ya... maksudnya kelaparan madik bepadi. Dada lesong jangan ditendak
dengan helu, sebab itu adalah telapak tangan Puan Tahun.
Waktu cucuku
ngaut beras dipeberasan, duduklah baik-baik betimbuh, dan waktu cucuku ngautnya
ke dalam, induk tangan jangan ditamakan dalam eteran (penaut beras dari
tempurung kelapa/literan beras), sebab induk tangan itu, bunyi urang jua adalah
tari Hantu Haus. Habis awak maut
beras, eterannya awak isi beras dan dipendam dalam beras di peberasan.
Maksudnya supaya peberasan tam tu selalu berisi.
Pada waktu
hari baik, bulan baik, apalagi sehabis urang ngetam, awak polahkan keripit
silih lipit selimpat, rokoknya, Ian lilin matu, awak tarohi di dapur, di
peberasan, di gentong air, di lawang hadapan dan belakang serta di
tengah-tengah rumah. Diannya awak timbun nyalakan. Maksudnya cu, untuk memburu Hantu Haus. Jadi di mana idah
keripit sirih dengan dian itu, taroh, di situlah idah Hantu Haus besaran.
Jadi apa
yang kupadahi dengan kita bedua di angsannak ni, ingat-ingati benar, sebab itu
segalanya adalah untuk hidup kita baik. Iiii... cu, ‘ndik kerasan etam ‘ncarang
ni sampai subuh, jadi aku ‘ndak ulang
hak keodahku.”
Setelah
berkata demikian maka perempuan tua itu pun bangkit berdiri hendak turun ke
tanah, tetapi ditahan oleh kedua kakak-beradik, ujarnya, “Kendia dulu kita
ulang, Nek! Timbulkan matahari dulu, upah kita ngetam belum kualakkan.”
Tetapi apa
kata perempuan tua itu ketika ia sudah ada di tanah, “Ndik usah... cu, ndik
usah aku awak beri padiku gin banyak di pondokku. Tapi tahukah kita beda siapa
aku sebenarnya? Tahukah kita beda di angsanak, siapa sebenarnya diri cucuku
berdua? Amun kita belum tahu siapa yang kusebut tadi, baiklah sekarang kita
bedua kupadahi, supaya kita beda tahu
yang sebenarnya. Kumulai dulu dengan diri mekbapak awak, baru diri awak beda
dan baru diriku sendiri.”
Maka
perempuan tua itu mulai menjelaskan, “Mek-bapakawak-tu adalah penjelmaan dari
Hantu Haus. Lir hak, tiap-tiapnya behuma madik tahu mungkar, karena madik ada
tahu mengerjakan adat-adat nebas huma, maenaikkan dan menurunkan padi. Makan
madik bertakar, hentam terus madik bekerekaatan. Bunyi urang jua berus, karena inilah sifat utama Hantu
Haus itu. Dan siapa sebenarnya cucuku berdua di angsana ini? Amun cucuku belum
mengetahuinya, sekarang kupadahi, bahwa madik setahu cucuku, diri kita berdua
‘tu telah dirasoki oleh semangat padi. Itu sebabnya, tuak mulai mek dengan
bapak awak nebas huma sampai mengetam padi, cucuku berdua selalu minta makan
Sembela padi dengan Sembela pulut. Cucuku berdua mandik diberinya makan nasi
beras baru, tegak urang`nya ‘mberi makan “Semengat padi”, jika sudah habis
ngetam padi baru. Tapi cucuku berdua disuruhnya mencari daun pisang ke dalam
hutan. Itu hanya sebabnya maha, sebenarnya Hantu Haus itu madik dapat berkumpul
dengan semangat padi, jika beparakan dan berkumpul, musti sudah semangat padi
itu lari, biarpun cucuku berdua madik disuruhnya mencari daun pisang, dan
kehabisannya cucuku berdua sesat ke dalam hutan, sampai dapat membunuh bai
dengan Uan Gergasi. Itu segalanya adalah membunuh kejahatan yang akan merusak
kehidupan manusia untuk mengerjakan kebaikan. Jadi...cu, ingati hak segala buku
pesanku, jika cucuku berdua ‘ndak olah huma.
Nah...
sekarang, kuberitahukan siapa aku sebenarnya. Aku inilah yang disebut-sebut
urang amun ‘ndak olah huma, adat urun dan naikkan padi. Aku inilah yang dinamai
“PUAN TAHUN”
Setelah
berkata demikian, perempuan tua itu pun lenyap dari pandangan mata, hilang
tanpa bekas. Kedua kakak-beradik hanya melongok keheranan setelah mengetahui
siapa sebenarnya perempuan tua yang menolong dan memberikan nasihat-nasehat
kepada diri mereka berdua.
Demikianlah
mereka berdua sejak saat itu, jika akan mengerjakan ladang, menanam dan
memotong padi, selalu patuh menjalani dan melaksanakannya berdasarkan petunjuk, nasihat, dan
petuah-petuah yang telah diberikan oleh Puan Tahun. Dan petuah-petuah itu
secara turun-temurun diwariskan oleh mereka ke anak dan cucu mereka, begitula
seterusnya sampai sekarang.
Sampai
sekarang masyarakat di pedalaman Mahakan, terutama suku Tunjung, Benuaq, dan
suku Bahau masih tebal kepercayaannya terhadap Puan Tahun tersebut dalam
mengerjakan adat membuka ladang, menanam dan memotong padi. Jika sudah habis
waktu menugal padi, mereka mengadakan keramaian dengan mengadakan
bermacam-macam tarian dan acara mana suka, dengan maksud untuk memburu,
mengusir Hantu Haus yang selalu akan merusak kehidupan tanaman padi. Oleh suku
Bahau menyebutnya upacara Hudo, sampai sekarang. (SP091257)
Referensi:
Kumpulan
Cerita Rakyat Kutai, Depdikbud 1979
Posted:
Sita
Rose di Pangarakan, Bogor
Sampai sekarang masyarakat di pedalaman Mahakan, terutama suku Tunjung, Benuaq, dan suku Bahau masih tebal kepercayaannya terhadap Puan Tahun tersebut dalam mengerjakan adat membuka ladang, menanam dan memotong padi.
BalasHapus