Rabu, 11 Desember 2013

Kisah Puan Tahun Bag. 5 oleh Emi diceritakan oleh Sita Rose


Tusya suka dengarkan dongeng

Nina Bobo - Rabu, 11 Desember 2013 - Cucuku nungguinya du sampai timbul matahari, dan sebelumnya polahkan hak lubang asakan tujuh buting, lalu awak puruki padi kedalamnya dan ditepungtawari pulang.  Dah urang kedatangan ndak nulungi ngasak baru hak odah pembinihan ‘tu cucuku tinggalkan, dan hati-hati jangan sampai bakul pembinihan itu tumpah, sebab itu tuhing besar.  Sudah sampai waktunya awak... cu, ndak ngetam padi ‘tu sebelumnya, awak mewangi pulang, dan tepung tawari, macamni pulang bunyinya, “Kita datang berlayar lawasnya enam bulan ‘tu, dan tepung tawari kami sambut dengan gembira, dan segala idah awak itu sudah kami polahkan dengan segala kawan-kawan awak.”

Sudah itu lalu hak tepung tawari, pik kan kepadi ‘tu, lalu hak, padi Nya dalam odah pembinihan tujuh buting lubang ‘tu awak ketam, dan awak ikat, lalu dibawak ulang dan ditaroh di dalam kerangkeng padi,  digantong di  tengah-tengahnya.  Sesudahnya awak sedikan... cu, segala tepung tawar tegak dipembinihan  ‘tu dan awak memangi hak, macam awak memang pulang, tegak ni, “Ni..., odah kita nya kami sediakan tu, ni hak odah kita tinggal dengan kawan-kawan kita, bekumpulhak baik-baik.”

Lalu betuhing hak cucuku tiga hari. Sehabisnya tu mulai mulai hak ngetam. Di dalam cucuku ngetam padi tu, tuhing besebut nya ceroboh-cerobo, sebab semangat padi ‘tu supan dan benci dengan carangan-carangan yang tefak itu. Lamun sehari tu cucu ndik habis ngetam, waktu ndak berenti ‘tu, awak ikat hak daun padinya ada di pembinihan, kan saratnya supaya semengat padi tu jangan terbang.  Empainya, waktu ‘ndak ngetam lagi, ikatan daun padi ‘tu dibuka pulang. Demikian hak, sampai habis padi di tanah diketam dan naik ke rumah.

Sesudah padi naik ke rumah, jangan dulu awak apai-apai. Awak polahkan dulu beras baru di jerang, dan sehari-harian itu awak ‘mberi makan batu besi dengan bememang pulang, karena sebelum tam nya  bekerja, maka batu dengan besilah nya bekerja pereh.`lamun ‘ndik  awak beri makan, takut kendi awak dilukainya. Inilah syaratnya dan maksudnya ‘tu. Di arak kerangkeng padi, awak timbuni lampu, jangan sampai padam, apabila malam awak tidur arak situ, biasanya ‘tu nyawak, amun urang ‘tu  keduluran, ‘ndengar tu suara semangat padi dalam kerangkeng padi tu ‘ncarang, betanya dengan sesamanya padi. Itu sebabnya, kalau cucuku perhatikan benehan, kelihatan hak padi ‘tu becampur dengan padi lain. Itu hak kawan-kawan nya sesat ngemambah madik bedah ‘tu dibawa’i oleh semangat padi nya tam tanam padi.

Jadi tuak mulai cucuku ngetam sampai habis naik ke rumah, betuhing pulang hak cucuku tiga hari. Sudah ‘tu mana uluk cucuku. Na..., ini hak cu, nya disebut urang ‘tu adat urun dan naikkan padi.

Sebuting... cu, awak ingati beneh, bahwa semangat padi dijaga dan dipelihara oleh Puan Tahun. Lamun urang waktu olah adat urun dan naikkan padi itu telanggar tuhingnya, maka humanya banyak dirusakkan mangsa. Adanya dirusakkan oleh nangau, ketuang, adanya dimakan ulat, ada lagi nya dilesai bai. Huma urang tu , alamat ‘ndik tahu ngerjakan sama sekali adat urun dan naikkan padi tu. Kebanyakan urang tegak itu nya selalu dibenci oleh Puan Tahun tu.  Biar macam apa jua nya behuma, ya... boleh jua hak nya tu.  Tapi ndik seberapa, belum sampai ketampusan.

Jadi amun molah huma itu, biar hanya tepung tawar aja dikerjakan, itu gin jadi, asal ada adat-istiadatnya. Mitu jua amun cucuku ‘ndak Nuuk padi, sebelum awak Nuuk, lesongnya awak bersehkan dulu, kiwa-kanan lesong ‘tu awak lapiki tikar supaya padinya jangan besimpur sampai bepeas di tanah, sebab nyawa, semangat padi ‘tu nyumpah, kita polah tegak tu. Habis Nuuk lesongnya awak telongkopkan baik-baik, jangan ditelentangkan. Lesong Noya hampa jangan ditutuki dengan helu, sebab kepala Puan Tahun ‘tu pening mendengar suara lesong nya ditutuki madik ada isinnya tu. Dan lagi madik Kwa, sebab takut kendi benar-benar Nuuk lesong hampa, ya... maksudnya kelaparan madik bepadi. Dada lesong jangan ditendak dengan helu, sebab itu adalah telapak tangan Puan Tahun.

Waktu cucuku ngaut beras dipeberasan, duduklah baik-baik betimbuh, dan waktu cucuku ngautnya ke dalam, induk tangan jangan ditamakan dalam eteran (penaut beras dari tempurung kelapa/literan beras), sebab induk tangan itu, bunyi urang jua adalah tari Hantu Haus. Habis awak maut beras, eterannya awak isi beras dan dipendam dalam beras di peberasan. Maksudnya supaya peberasan tam tu selalu berisi.

Pada waktu hari baik, bulan baik, apalagi sehabis urang ngetam, awak polahkan keripit silih lipit selimpat, rokoknya, Ian lilin matu, awak tarohi di dapur, di peberasan, di gentong air, di lawang hadapan dan belakang serta di tengah-tengah rumah. Diannya awak timbun nyalakan. Maksudnya cu,  untuk memburu Hantu Haus. Jadi di mana idah keripit sirih dengan dian itu, taroh, di situlah idah Hantu Haus besaran.

Jadi apa yang kupadahi dengan kita bedua di angsannak ni, ingat-ingati benar, sebab itu segalanya adalah untuk hidup kita baik. Iiii... cu, ‘ndik kerasan etam ‘ncarang ni sampai subuh, jadi aku  ‘ndak ulang hak keodahku.”

Setelah berkata demikian maka perempuan tua itu pun bangkit berdiri hendak turun ke tanah, tetapi ditahan oleh kedua kakak-beradik, ujarnya, “Kendia dulu kita ulang, Nek! Timbulkan matahari dulu, upah kita ngetam belum kualakkan.”

Tetapi apa kata perempuan tua itu ketika ia sudah ada di tanah, “Ndik usah... cu, ndik usah aku awak beri padiku gin banyak di pondokku. Tapi tahukah kita beda siapa aku sebenarnya? Tahukah kita beda di angsanak, siapa sebenarnya diri cucuku berdua? Amun kita belum tahu siapa yang kusebut tadi, baiklah sekarang kita bedua  kupadahi, supaya kita beda tahu yang sebenarnya. Kumulai dulu dengan diri mekbapak awak, baru diri awak beda dan baru diriku sendiri.”

Maka perempuan tua itu mulai menjelaskan, “Mek-bapakawak-tu adalah penjelmaan dari Hantu Haus. Lir hak, tiap-tiapnya behuma madik tahu mungkar, karena madik ada tahu mengerjakan adat-adat nebas huma, maenaikkan dan menurunkan padi. Makan madik bertakar, hentam terus madik bekerekaatan. Bunyi urang jua berus, karena inilah sifat utama Hantu Haus itu. Dan siapa sebenarnya cucuku berdua di angsana ini? Amun cucuku belum mengetahuinya, sekarang kupadahi, bahwa madik setahu cucuku, diri kita berdua ‘tu telah dirasoki oleh semangat padi. Itu sebabnya, tuak mulai mek dengan bapak awak nebas huma sampai mengetam padi, cucuku berdua selalu minta makan Sembela padi dengan Sembela pulut. Cucuku berdua mandik diberinya makan nasi beras baru, tegak urang`nya ‘mberi makan “Semengat padi”, jika sudah habis ngetam padi baru. Tapi cucuku berdua disuruhnya mencari daun pisang ke dalam hutan. Itu hanya sebabnya maha, sebenarnya Hantu Haus itu madik dapat berkumpul dengan semangat padi, jika beparakan dan berkumpul, musti sudah semangat padi itu lari, biarpun cucuku berdua madik disuruhnya mencari daun pisang, dan kehabisannya cucuku berdua sesat ke dalam hutan, sampai dapat membunuh bai dengan Uan Gergasi. Itu segalanya adalah membunuh kejahatan yang akan merusak kehidupan manusia untuk mengerjakan kebaikan. Jadi...cu, ingati hak segala buku pesanku, jika cucuku berdua ‘ndak olah huma.

Nah... sekarang, kuberitahukan siapa aku sebenarnya. Aku inilah yang disebut-sebut urang amun ‘ndak olah huma, adat urun dan naikkan padi. Aku inilah yang dinamai “PUAN TAHUN”

Setelah berkata demikian, perempuan tua itu pun lenyap dari pandangan mata, hilang tanpa bekas. Kedua kakak-beradik hanya melongok keheranan setelah mengetahui siapa sebenarnya perempuan tua yang menolong dan memberikan nasihat-nasehat kepada diri mereka berdua.

Demikianlah mereka berdua sejak saat itu, jika akan mengerjakan ladang, menanam dan memotong padi, selalu patuh menjalani dan melaksanakannya  berdasarkan petunjuk, nasihat, dan petuah-petuah yang telah diberikan oleh Puan Tahun. Dan petuah-petuah itu secara turun-temurun diwariskan oleh mereka ke anak dan cucu mereka, begitula seterusnya sampai sekarang.

Sampai sekarang masyarakat di pedalaman Mahakan, terutama suku Tunjung, Benuaq, dan suku Bahau masih tebal kepercayaannya terhadap Puan Tahun tersebut dalam mengerjakan adat membuka ladang, menanam dan memotong padi. Jika sudah habis waktu menugal padi, mereka mengadakan keramaian dengan mengadakan bermacam-macam tarian dan acara mana suka, dengan maksud untuk memburu, mengusir Hantu Haus yang selalu akan merusak kehidupan tanaman padi. Oleh suku Bahau menyebutnya upacara Hudo, sampai sekarang. (SP091257)

Referensi:
Kumpulan Cerita Rakyat Kutai, Depdikbud 1979
Posted:
Sita Rose di Pangarakan, Bogor

1 komentar:

  1. Sampai sekarang masyarakat di pedalaman Mahakan, terutama suku Tunjung, Benuaq, dan suku Bahau masih tebal kepercayaannya terhadap Puan Tahun tersebut dalam mengerjakan adat membuka ladang, menanam dan memotong padi.

    BalasHapus